Mendaki Gunung Semeru, 3.676 mdpl, Puncak tertinggi di Pulau Jawa.

Mungkin banyak yang mempertanyakan sebenarnya apa kinerja seorang kapten? Apa yang sudah aku lakukan untuk tim ini?

Kurang lebih setengah tahun awal aku menjabat sebagai kapten Tim KIII. Aku belum bisa benar-benar menunjukan kinerjaku di hadapan banyak orang.

Ketika aku belum bisa menunjukkan kinerja apapun sebagai kapten, diumumkanlah Tim KIII akan menyelenggarakan konser tunggal dengan syarat harus mencapai 1000 penonton atau lebih untuk tercapai.

 

 

 

Saat itu, aku sadar bahwa aku harus melakukan sesuatu.

Tapi, bagaimana jika banyak yang belum percaya? Bagaimana aku bisa melakukannya?

Mungkin jika memilih jalan yang mudah aku bisa saja terus berjalan seperti biasa.

Tapi di tengah para member yang berjuang keras dengan segenap tenaga mereka, rasanya aku sebagai kapten tidak bisa diam begitu saja.

 

 

Lalu terpikirlah satu hal, bagaimana kalau aku membuktikan kesungguhanku sebagai kapten Team KIII?

 

 

Pertama kali ditanya, “Memangnya bisa naik Gunung Semeru?” aku diam. Gak bisa jawab. Bukan karena takut atau apa. Tapi pantaskah aku menjawab iya saat aku belum pernah melakukannya?

Lantas, jika aku menjawab tidak, apakah benar itu jawabannya?

Saat ditanya, “Apakah kamu benar mau melakukannya?”

Batinku tidak langsung mengucap “Iya”. Karena ini bukan perkara mudah. Apa yang akan terjadi, apa yang ada di atas sana, aku sama sekali tidak tahu. Saat dihadapkan dengan alam… Semua mungkin terjadi kan?

Aku belajar, mempersiapkan diri, melatih fisikku, sampai akhirnya aku sendiri penasaran dan mulai bertanya…

Apa yang aku latih dan persiapkan di sini memang sebuah pembuktian.

Apakah aku pantas. Bahwa kesanggupanku meng-iya-kan sesuatu yang aku tak tahu jawabannya itu harus dibuktikan. Tak hanya sekedar “iya” tanpa persiapan.

Tapi saat di atas sana?

Aku rasa itu bukan suatu pembuktian belaka. Karena saat aku berusaha membuktikan, kapan pun alam bisa membuktikan bahwa aku salah.

Proses mencari jawaban. Mungkin di sana pertanyaanku akan terjawabkan.

“Apakah aku bisa?”

 

 

 

Kenapa aku naik ke Gunung Semeru?

Jawabannya,

Karena aku ingin semuanya merasakan kesungguhanku.

Aku memang dikenal sebagai seorang yang lemah dan fisikku tidaklah kuat.  Tapi sebagai kapten aku sungguh-sungguh ingin membawa semuanya untuk melampaui batas diri mereka sendiri.

Karena di Konser Tunggal Team KIII, kami bertekad menunjukkan performance yang belum pernah bisa ditunjukkan oleh JKT48 sebelumnya. Untuk bisa melakukan hal itu, maka setiap member harus bisa melampaui batas diri mereka sendiri yang sekarang dan menunjukkan level performance yang lebih tinggi lagi.

 

 

“Apakah kami bisa mengumpulkan lebih dari 1000 penonton?”

To quit is not an answer.

 

R. Vienny

 

 

Jangan Kasih K3ndor!!!

42 thoughts on “Semeru.”

  1. Aku bukanlah orang yang pandai berkata-kata, tapi kau itu adalah seorang seniman dan orang yang hebat, senang bisa selalu melihatmu wau dari belakang

  2. Apa korelasinya dgn konser ? Atau ajang gagah gagahan doang ?

    Alam jgn dimainin y cukup wota aja yg lu mainin

  3. ” MAN JADDA WA JADDA ”
    ” SIAPA BERSUNGGUH- SUNGGUH PASTI DIA BISA..”
    ” INSYALLAH AKU YAKIN DAN SELALU BERDOA INSYALLAH PERJUANGAN KAMU DAN SEMUA MEMBERS TIM K3 ,TDK AKAN SIA 2..”
    ” USAHA YG KERAS PASTI TIDAK AKAN MENGHIANATI..”
    BERSABAR DAN BERUSAHA.. SEPERTI BUNGA SAKURA..YG INDAH BERSEMI.. AKAN TERLIHAT CANTIK PADA AKHIRNYA..”

  4. ” semangat terus ya vieny..semoga insyallah konser k3 nya bs berjalan sukses..”
    dan k3 akan semakin bersinar di belahan ” DUNIA..” AMIN ..YA MUJIBASAILIN..”

  5. I’m sure the day will come that you’ll be glad you had the valuable experience! Semangat Viny, and have fun on it!!

  6. Emang gak ada apa tantangan yg bisa melampoi batas manusia selain naik ke Gunung semeru?

    itu seperti pembodohan bagiku Ka :d
    kalau emang Kakak bersikeras untuk ngelakuin itu demi tim K3, aku kga bisa berbuat apa apa lagi dah .

    Tapi Kakak janji ya sama aku , kalau bisa kesana?
    misal kemampuan batas kakak itu kga kuat lagi …. kakak harus istirahat dan kalau ke sana jangan sekali – kali menengok ke arah belakang ka .

  7. Inget vin, tujuan utama mendaki gunung adalah “pulang sampai rumah dengan selamat” 🙂

  8. Yg jd masalah juga mental, inget pas ane muncak semeru dulu ada batu gede jatoh klo kena liwat udah, byk yg ga jadi muncak karna itu. Fisik bisa kuat tapi mental lmh … susah sih lwn alam. Jalan di pasirnya juga duh gempor kaki.

  9. Selow 🙂
    Kita emang ga pernah tau apa yang belum kita lakuin selain mencoba dan berusaha 🙂

    Semangat vin.
    Kamu bisa.

    Lepas gelisah, percaya sama kekuatan dirimu sendiri. Suggest kalo kamu bisa.

    SUKSES BOSKU!

  10. Semangat captain vienny!! Semoga tujuannya tercapai!! Tapi sebenernya ngak ndaki semeru-pun insyaallah semua udah percaya kok sama usaha dan kesungguhan vienny-san. Tim K3 pun juga tim yang solid dan udah terlatih.
    #JanganKasihK3ndor

  11. Tapi inget vin kita mendaki gunung bukan untuk sebuah pembuktian kepada orang lain tapi yang terpenting pembungtian kepada diri kita sendiri bahwa kita sanggup keluar dari zona nyaman kita. Jgan juga terlalu berambisi hrs bisa menaklukan/mencapai Puncak Mahameru kita mendaki bukan untuk menaklukan gunung tapi untuk menikmati gunung selebihnya puncak itu bonus. Yang terpenting itu bukan puncak tapi kembali ke rumah dengan selamat 🙂

  12. Kita gak bakalan tau hasilnya l sebelum mencoba kan Capt? . Semangat terus vin, aku yakin,eh gak Kami (fansmu) yakin kok km pasti bisa sampe ke PUNCAK. Diatas sana hasil menunggumu. Dan dari atas sana km akan melihat pemandangan indah G. Semeru.

    Ganbatte!! Capt. Vienny.

  13. Kaptenku tercinta jaga kesehatan yesss jgn memaksakan diri kalau memang tidak kuat saat di atas sana. Yg penting adalah proses bukan hasil, kamu sudah menunjukkan tekad yg kuat dan sudah berusaha semaksimal mungkin. Hal itu sudah cukup membuktikan bahwa viny adalah kapten yg dapat bertanggungjawab akan segalah hal yg viny lakukan dan perbuat.

    With love
    Your fans

  14. Karena aku ingin semuanya merasakan kesungguhanku.

    aku masih belum ketemu dimana titik temunya antara menunjukkan kesungguhan sebagai kapten team KII dg mendaki gunung semeru, tapi karena mendaki gunung semeru sudah viny pilih sebagai pembuktian kemampuan, maka semoga sukses, mendaki gunung semeru gak sulit kok, tapi akrena kamu baru pertama kali ini mendaki gunung maka perlu dipersiapkan fisik n mempelajari berbagai hal terkait pendakian terutama untuk perempuan, karena kebutuhan laki laki dg perempuan untuk berkegiatan di alam luar itu ada yg berbeda

  15. Semangat ratuku the legend oshi,,maaf blm bs berikan kontribusi apapun,,hny bs berdoa. Admire u so much

  16. kami hanya bisa mendoakanmu capt, tapi sekedar mengingatkan klo kita blh2 aja keluar dari zona nyaman kita tapi bgmnpun stiap org punya limitnya masing2

    saat usaha keras kita tidak lagi membuahkan hasil, itu bukanlah karena kita tidak mampu tapi memang itu bukan porsi kita

    tetaplah berlatih keras dan berdoa, untuk hasil serahkan pada yang Kuasa

    Godspeed Capt!!!

  17. Thanks for your struggles for this team. Mungkin benar byk yg mempertanyakan niatan ini. Tapi yg gw liat justru you’re forcing yourself too much. Gw tau gmn beratnya jd leader dan gw tau jg gmn track mahameru. Musuh kita alam, niat, doa dan kesiapan mental dan fisik itu penting. Kalau Vinny emng niat ubah pola latihan fisik dari lari ke berenang. This is not easy like 5cm movie. Harus jalan semingguan untuk pulang pergi dengan membawa carrier dan track menanjak. Kenapa gw bilang ubah ke berenang krn dengan berenang seluruh otot tubuh bergerak, stamina tertempa dan yg terpenting volume paru2 bertambah dan biasa dengan tahan nafas krn diatas udara tipis. Tapi setau gw sekarang ga bisa ampe puncak kok. Ini bukan suatu pembuktian, bukan tentang ambisi, tapi proses pencapaian. Sekali melangkah harus bisa lanjutin, ga perlu muncak sampai ranu kumbolo udh suatu pencapaian yg akan menghilangkan letih. Semangat Capt

  18. semoga konsernya sukses
    Good luck utk pendakiannya

    Tp tetap buat gue itu ngga nyambung….

    Anyway, jaga diri… Jangan sampai pas hari H malah ngga bisa perform….

  19. banyak yang bertanya.. apa hubungannya konser dan mendaki gunung? banyak yang bertanya, dan tak sedikit pula yang menyindir. mungkin mereka tidak mengerti.. mungkin mereka tidak paham.. atau mereka memang masa bodoh.. ini bukan masalah korelasi antara konser dan mendaki gunung. tapi.. ini adalah PEMBUKTIAN SEORANG KAPTEN! pembuktian seorang kapten mampu mendaki gunung untuk membawa semangat timnya.. pembuktian bahwa vienny adalah kapten yang kuat..
    masih ingat saat kamu ulang tahun aku membuat project mendaki gunung cikuray?
    semangat vin.. niscaya alam juga akan membantumu..

    -Topi Rimba-

  20. Pasti bisa kapten, semangatt untuk mendapat hasil sesuai yang di inginkan .
    Kita selalu mendukung team k3 dan jkt48, walupun mungkin jarak memisahkan kita, tetapi kita selalu di pihakmu

    #jangankasihk3ndor
    #NOKIIINOPARTY

  21. Hati hati, waktu naik gunung mungkin lagi musim bediding. Awas dinginnya tak tertahankan……

  22. When there is a queen, there is Viny. It’s you. Stay strong dear our captain. Jangan lupa untuk selalu memohon keselamatan. God bless

  23. Nikmati setiap proses nya vin, karena sesungguhnya yang akan membuat kamu menjadi seseorang yang lebih baik adalah proses. Hasil adalah bonus dari setiap proses yang kamu jalani.
    So, maju terus jalan dengan apa yang kamu yakini.

  24. Kamu yg tau kapasitas dirimu bagaimana, apapun keputusan yang kamu ambil pasti itu telah kamu pikirkan secara matang dan tekad yang kamu pilih adalah yang terbaik yang kamu punya. Semangat! Kamu pasti bisa membuktikan kalo kamu bisa dan layak untuk disebut sebagai seorang “kapten”:)) proses dari suatu perjalanan akan dapat dikenangkan dan dipelajari untuk lebih baik kedepannya:))

  25. Jika itu jalan yang kamu pilih untuk membuktikan diri sebagai kapten yang kuat, maka lakukanlah, namun jangan sampai memaksakan dan membahayakan diri jika diperjalanan nanti akhirnya kamu tak bisa mencapai puncak. Kembalilah dengan selamat, tak perlu kamu pikirkan bahwa kamu kapten yang lemah, sejatinya seseorang menjadi seorang kapten bukanlah untuk menjadi yang terkuat, tapi yang mampu mensupport anggotanya menjadi lebih baik. Aku yakin kamu dipilih sebagai kapten bukan karena fisik, tapi visi yang terlihat dalam dirimu, mereka yakin kamu memiliki kemampuan menjadi kapten, masih perlukah pembuktian itu?
    Orang-orang (termasuk aku) yang mempertanyakan ngapain sih kamu sampe ke semeru segala? Bukan tidak percaya tapi khawatir!
    Aku cuma bisa berdoa, semoga kamu selalu dalam lindungan ALLAH. Amin. Semoga lancar semuanya, dan kamu kembali kerumah dengan selamat, amin amin amin.

  26. Apapun yang kamu lakukan, insyaalllah aku dukung kapt. Meskipun masih belun rela kamu bakal liat kamu bener2 naik gunung *soalnya gak tega* tapi kamu udah memutuskan, aku bisa apa? Aku cuma bisa dukung dengan doa. Semoga sukses semuanya kapten!

  27. Persiapan diri sendiri itu penting, tapi kamu juga harus punya tim yang bisa mendukung penuh apa yang akan kamu lakukan nanti.
    Semua persiapan harus benar-benar matang, jangan sampai ada yang terlewat satu hal pun.

    Dan…
    Nikmati prosesnya, jangan terlalu terpaku kepada hasil akhirnya nanti. Oke? 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *